struktur engineer

3 Langkah Mudah Menggunakan Jasa Perencana Struktur

Owner proyek adalah pemberi tugas yang merupakan wakil perusahaan atau perorangan yang biasanya juga sekaligus pemilik proyek.

Saat ini para owner sudah mulai sadar akan pentingnya struktur bagi bangunan mereka. Dikarenakan banyaknya kegagalan struktur yang terjadi belakangan ini.

Kegagalan struktur, baik saat pelaksanaan ataupun setelah bangunan difungsikan tentu akan sangat merugikan. Kegagalan dalam hal apapun umumnya terjadi akibat perencanaan yang kurang baik. Dalam hal proyek bangunan, kerugiannya tentu tidak sebanding (sangat besar) dengan harga yang dikeluarkan  untuk menggunakan jasa perencana struktur bangunan dari awal memulai proyek.

Namun, owner masih suka bingung  dalam menggunakan jasa perencana struktur bangunan. Mereka seringkali kurang mengerti tahapan-tahapan apa yang harus dilakukan untuk menggunakan jasa perencana struktur tersebut.

Untuk itu, kami akan menjelaskan tahapan-tahapan yang biasanya dilakukan dalam menggunakan jasa perencana struktur.

Berikut kami jelaskan langkah-langkah yang diperlukan oleh owner jika ingin menggunakan jasa perencana struktur, yang perlu disiapkan diantaranya:

1. Gambar Arsitektur

denah bangunan
Gambar Denah, Tampak, dan Potongan

Untuk menggunakan jasa perencana struktur, owner harus sudah mempunyai rancangan arsitekturnya terlebih dahulu. Karena perencana struktur akan bekerja berdasarkan gambar perencanaan arsitektur tersebut.

Gambar arsitektur minimal yang dibutuhkan perencana struktur adalah denah, tampak, dan potongan bangunan. Jika gambar tersebut tidak ada, bisa dipastikan perencana struktur tidak bisa memulai pekerjaannya.

2. Budget / Anggaran

Budget
Budget

Dari gambar arsitektur, perencana struktur bisa memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk mengerjakan perencanaan strukturnya. Gambar arsitektur tersebut menjadi dasar dalam mengajukan penawaran harga jasa perencaaan struktur.

Yang biasanya menjadi pertimbangan dalam menentukan fee perencana struktur adalah luas bangunan, ketinggian bangunan, bentuk bangunan, dan kesulitan pengerjaannya.

Setelah mengetahui harga jasa perencanaan struktur, maka owner bisa segera mempersiapkan budgetnya. Dan ini merupakan tahapan negosiasi antara pemberi tugas dan konsultan.

3. Laporan penyelidikan tanah (sondir)

sondir
Alat Sondir

Jika bangunan lebih dari 2 lantai, maka seharusnya dilakukan penyelidikan tanah untuk memperoleh data daya dukung tanah tempat bangunan akan didirikan. Sehingga perencana struktur mempunyai dasar dalam menentukan jenis pondasi yang baik digunakan pada bangunan tersebut.

Jika data sondir tidak ada, maka akan sangat riskan sekali terjadi kesalahan dalam menentukan jenis pondasi yang digunakan. Hal itu akan berdampak pada kerusakan struktur nantinya. Sebaiknya jangan ambil resiko. Menggunakan jasa sondir tidaklah mahal, lebih mahal lagi biaya perbaikan bangunan yang rusak akibat kesalahan pondasi.

Nah, itu adalah 3 langkah mudah menggunakan jasa perencana struktur. Selamat berkarya.

Related Posts

One thought on “3 Langkah Mudah Menggunakan Jasa Perencana Struktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.