Saya Bisa Membuat Kue tapi Tidak Seenak Buatan Koki

By | June 10, 2016

jasa hitung struktur (2)Apakah kontraktor bisa membangun sebuah gedung tanpa perencana struktur?

Jawabannya: BISA

Kontraktor adalah suatu badan hukum atau badan usaha yang dikontrak atau disewa untuk menjalankan sebuah proyek sesuai isi kontrak.

Pernah suatu ketika engineer kami melakukan peninjauan lapangan ke sebuah bangunan pabrik di sebuah kota besar di Jawa Tengah.

Kondisi bangunannya sungguh memprihatinkan. Terdapat kerusakan di sana sini, mulai dari lantai dasar yang amblas, pelat lantai yang melendut, balok yang melendut, dan kerusakan lainnya.

Setelah dilakukan penyelidakan dan pengumpulan data ternyata bangunan tersebut tidak direncanakan oleh konsultan perencana melainkan langsung oleh kontraktornya.

Apakah itu salah?

Jawabannya: Tidak juga

Saya seorang structural engineer bisa membuat kue tapi tidak tentu saja buatan saya tidak seenak buatan koki yang kerjanya memang khusus membuat kue. Koki adalah spesialis dari kue tersebut.

Kembali ke pertanyaan kita di atas, apakah kontraktor bisa membangun sebuah gedung tanpa perencana struktur? tentu saja bisa, namun tentu hasilnya tidak sebaik yang direncanakan oleh perencana struktur.

Oleh karena itu kita mengenal pembagian-pembagian tugas dalam merencanakan sebuah bangunan. Untuk sebuah bangunan yang kompleks kita membutuhkan:

  1. Arsitek sebagai percancang arsitek
  2. Konsultan struktur sebagai perencana struktur
  3. Kontraktor sebagai pelaksana di lapangan
  4. Konsultan pengawas / MK yang melakukan pengawasan di lapangan
  5. dll (konsultan ME, landscape, amdal)
Alangkah baiknya jika sebuah pekerjaan di kerjakan oleh yang memang ahli dalam pekerjaan tersebut agar diperoleh hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *