Sloof atau Tie Beam pada Struktur Bangunan

By | July 16, 2016

SloofSloof atau tie beam merupakan struktur bawah suatu bangunan.

Dikatakan struktur bawah karena letaknya di bawah permukaan tanah atau bersentuhan dengan tanah.

Sloof atau tie beam sama halnya dengan balok. Sloof atau tie beam adalah balok yang letaknya paling bawah dari semua balok pada sebuah struktur bangunan.

Sloof atau tie beam berfungsi untuk memikul beban dinding (sama halnya seperti balok) dan untuk mengikat pondasi satu sama lain agar tidak terjadi pergeseran dan meminimalisir penurunan pada pondasi.

Struktur ini biasanya terbuat dari beton bertulang.

Pada bangunan rumah satu lantai (sederhana) ukurannya cukup dibuat 150 x 300 mm dengan tulangan pokok menggunakan 2D10 (atas dan bawah) dan sengkang diameter 8 mm dengan jarak 150 ~ 200 mm.

Sedangkan pada bangunan rumah 2 lantai yang menggunakan pondasi tiang pancang biasanya digunakan tulangan pokok dengan diameter yang lebih besar.

Berbeda dengan bekisting balok, bekisting sloof lebih mudah dibuat.

Untuk yang menggantung seperti gambar di atas, cukup dengan membuat lantai kerja di bawahnya dan sisi kiri kanan disusun dinding batako (atau material yang lebih murah) setinggi sloof.

Sedangkan untuk yang menapak pada pondasi menerus seperti  gambar di bawah, bekisting bisa dibuat dari papan atau multiplek pada ke dua sisi dindingnya.

Mendesain struktur ini gampang-gampang susah.

Sloof Ia bisa dibuat menggantung seperti gambar di atas ataupun menumpu pada pondasi menerus seperti gambar di samping.

Pada bangunan yang relatif besar, penurunan pondasi harus diperhitungkan dalam menentukan penulangan struktur sloof ini.

Keberadaan struktur ini sama pentingnya dengan pondasi, dimana ia juga membantu mencegah penurunan pada pondasi.

Untuk bangunan yang relatif besar, sebaiknya menggunakan jasa perencana struktur dalam mendesainnya agar memperoleh hasil yang efektif dan efisien.

Semoga tulisan ini membantu. Jika Anda memperoleh manfaat dari tulisan ini, boleh di share. Dengan begitu Anda juga memperoleh pahala dalam membagikan ilmu.

Jika ada yang kurang berkenan, silakan tulis saran yang membangun pada kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *